Analisis Jurnal Ilmiah Akademik


ANALISIS JURNAL ILMIAH AKADEMIK
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH  DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT  SISWA KELAS V SD

Adapun jurnal yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Dalam Penigkatan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas V SD”, yang dapat dianalisis diantaranya :
1.    Metodologi apa yang digunakan?
Di dalam jurnal yang dibahas kali ini dapat disimpulkan bahwa jurnal tersebut menggunakan metodologi kuantitatif, dikarenakan di dalam jurnal tersebut berupa Penelitian yang termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian adalah guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket, dan tes. Uji validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi instrumen. Dalam triangulasi sumber, peneliti mendapatkan data dari berbagai narasumber, di antaranya guru kelas V, teman sejawat, siswa. Dalam triangulasi metode, peneliti menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data yang diperlukan. Metode yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, angket, dan tes. Sedangkan dalam triangulasi instrument, peneliti menggunakan berbagai alat pengumpul data, diantaranya lembar observasi, pedoman wawancara, angket, dan soal tes.

2.    Bidang Keilmuwan apa yang dikaji?
Dalam jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Dalam Penigkatan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas V SD yang dikaji adalah Pelaksanaan pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash

3.    Teknik menggali datanya apa?
Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket, dan tes. Uji validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi instrumen. Dalam triangulasi sumber, peneliti mendapatkan data dari berbagai narasumber, di antaranya guru kelas V, teman sejawat, siswa. Dalam triangulasi metode, peneliti menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data yang diperlukan.

4.    Teknik analisis datanya apa?
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Data yang berupa nilai hasil penilaian kemampuan membaca cepat siswa SD Negeri 1 Seliling dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Termasuk dalam statistik deskriptif antara lain adalah penyajian data melalui tabel, grafik, diagram lingkaran, pictogram, perhitungan modus, median, mean (pengukuran tendensi sentral), perhitungan desil, persentil, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan prosentase (Sugiyono, 2009: 148). Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan dengan menggunakan analisis data menurut Milles dan Huberman (dalam Sugiyono, 2009: 246) yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu: (1) Reduksi Data (Data Reduction); (2) Penyajian Data (Data Display); (3) Kesimpulan dan verivikasi (Conclusion Drawing/Verivication).

5.    Jenis penelitian apa?
Jenis penelitian yang digunakan pada jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Dalam Penigkatan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas V SD adalah penelitian pengembangan

6.    Hasil temuannya apa?
Kemampun membaca cepat siswa meningkat  dari 76 kpm pada pretest, menjadi 87 kpm pada siklus I, kemudian pada siklus II menjadi 98 kpm, dan pada siklus III  menjadi 102 kpm. Hasil siklus III sudah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian tindakan kelas ini diakhiri. Berdasarkan tindakan yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD. Pernyataan ini sesuai dengan pendapat Jayadi (2008) yang menyimpulkan bahwa penerapan penggunaan jurnal belajar pada pembelajaran Biologi dengan media Macromedia Flash bisa meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada peningkatan penguasaan konsep.

7.    Kontribusi teoritiknya apa?
Sebelum digunakan media pembelajaran Macromedia Flash dalam pembelajaran membaca cepat, siswa kurang menunjukkan minat terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca cepat, sehingga kemampuan membaca cepat mereka menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti memilih media pembelajaran Macromedia Flash sebagai media pembelajaran membaca cepat yang dibuat untuk latihan membaca cepat dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat.  Macromedia Flash merupakan salah satu program untuk membuat animasi populer (Nurcahyono, 2007), sehingga saat ini telah banyak digunakan untuk membuat media pembelajaran karena kelebihan-kelebihannya. Macromedia Flash merupakan gabungan konsep pembelajaran dengan teknologi audiovisual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan.

Dari hasil tes membaca cepat, dapat diketahui bahwa kemampuan membaca cepat siswa mengalami peningkatan. Kemampun membaca cepat siswa meningkat  dari 76 kpm pada pretest, menjadi 87 kpm pada siklus I, kemudian pada siklus II menjadi 98 kpm, dan pada siklus III  menjadi 102 kpm. Hasil siklus III sudah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian tindakan kelas ini diakhiri. Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash mulai dari siklus I dengan skor rata-rata 3,20 dengan kategori “Baik”, meningkat pada siklus II dengan  skor rata-rata 3,30 dengan kategori yang sama dengan siklus I, dan pada siklus III kembali meningkat menjadi 3,54 dengan kategori “Sangat Baik”.

Referensi
Depdiknas. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).  Kebumen: Depdiknas. 
Hakim, L. & Mutmainah, S. (2003). Teknik Jitu Menguasai Flash MX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 
Izzaty, R.E., Suardiman, S.P., Ayriza, Y., Purwandari, Hiryanto, Kusmaryani, R.E. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press. 
Jayadi, Y.A., (2008). Penggunaan Jurnal Belajar dengan Macromedia Flash dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X di  SMA Negeri 2 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Univesitas Sebelas Maret. 
Nurcahyono, N. (2007). Kupas Tuntas Flash 8. Yogyakarta: Ardana Media. 

Nurhadi. (2008). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru  Algesindo.  

NgeTech

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Post a Comment

 
biz.